Jumat, 15 Maret 2013

Intaian Maut


Judul buku : Intaian Maut
Karya : Elery Queen
Penyadur : Thio Joe Kiat
Penerbit : Saka Widya Djakarta
Tebal : 152 halaman
Harga : Rp 50.000,-

Siapakah Ellery Queen ? Dalam memperbincangkan Ellery Queen seseorang akan membuat kesalahan dalam hal tata bahasa, walaupun tepat dalam bacaannya.

Ellery Queen adalah dua orang, karena Ellery Queen bukanlah seorang pengarang tetapi nama samaran. Dibalik nama samaran tersebut sudah lama Frederic Dannay dan Manfred B. Lee menyembunyikan keaktipan mereka.

Bertahun-tahun orang yang menjelma sebagai Queen muncul pada lektur-lektur, tanda tangan pada toko-toko buku, dan turut serta pada perjamuan teh lektur, dengan menggunakan kedok hitam yang menutupi bagian atas mukanya.

Akan tetapi lama-kelamaan tabir rahasia sang Queen tersingkap, bahwa yang menggunakan nama samaran Ellery Queen adalah Frederic Dannay dan Manfred B. Lee.

Kedua orang itu juga pernah menyamar sebagai : Barnaby Ross, mereka dikenal sebagai Drury Lane. Howard Haycraft berkata : Cerita-cerita Queen menunjukan gambaran yang cekatan, campuran dari aspek intelek dan drama, teliti, ceritanya hidup, humoris dan tokoh-tokohnya menyenangkan. Cerita-cerita Queen adalah roman khayalan yang terbaik pada jamannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar